Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Eksplorasi Keindahan Air Terjun Tumpak Sewu di Pronjiwo Lumajang - Jawa Timur

Air Terjun Tumpak Sewu adalah salah satu destinasi wisata yang sangat menarik untuk dieksplorasi di Pronjiwo, Lumajang, Jawa Timur. Air terjun ini memiliki keindahan yang sangat menakjubkan, terdiri dari serangkaian air terjun yang membentuk tirai air yang jatuh dari ketinggian tebing batu kapur. Air terjun ini juga dikelilingi oleh hutan tropis yang hijau dan indah, menjadikannya sebagai tempat yang cocok untuk menikmati alam.
Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu adalah salah satu destinasi wisata yang sangat menarik untuk dieksplorasi di Pronjiwo, Lumajang, Jawa Timur. Air terjun ini memiliki keindahan yang sangat menakjubkan, terdiri dari serangkaian air terjun yang membentuk tirai air yang jatuh dari ketinggian tebing batu kapur. Air terjun ini juga dikelilingi oleh hutan tropis yang hijau dan indah, menjadikannya sebagai tempat yang cocok untuk menikmati alam.

Untuk menuju ke Air Terjun Tumpak Sewu, kamu perlu berjalan kaki melalui medan yang terjal dan menantang. Namun, setelah kamu tiba di lokasi air terjun, keindahan alam yang terbentang di depan mata akan membuat perjalanan yang melelahkan terbayar lunas. kamu dapat menikmati pemandangan air terjun dari atas atau turun ke bawah untuk merasakan sensasi berada di bawah air terjun.

Tidak hanya menikmati keindahan alam, di sekitar Air Terjun Tumpak Sewu juga terdapat beberapa aktivitas wisata yang dapat kamu lakukan, seperti berenang, memancing, atau menjelajahi gua yang ada di sekitar air terjun.

Namun, perlu diingat bahwa keindahan Air Terjun Tumpak Sewu harus dijaga dan dilestarikan. Pastikan untuk tidak membuang sampah sembarangan dan mengikuti aturan yang berlaku di lokasi wisata. Jangan juga merusak lingkungan sekitar agar keindahan alam ini tetap terjaga untuk generasi mendatang.

Jadi, jika kamu ingin mengeksplorasi keindahan Air Terjun Tumpak Sewu di Pronjiwo, Lumajang, Jawa Timur, pastikan untuk mempersiapkan fisik yang cukup kuat, membawa perlengkapan yang diperlukan, dan selalu menjaga kebersihan serta kelestarian lingkungan sekitar.

Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu di Pronjiwo Lumajang - Jawa Timur



Air Terjun Tumpak Sewu atau Coban Sewu merupakan air terjun yang indah dengan ketinggian sekitar 120 meter. Air terjun ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Bentuk aliran airnya menyerupai tirai sehingga air terjun ini dikategorikan sebagai air terjun Tiered.

Lokasi Alamat Air Terjun Tumpak Sewu adalah di Kampung Siji, Jalan Raya Sidomulyo, Desa Besukcukit, Kecamatan Sidomulyo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, dengan kode pos 67374.

Air Terjun Tumpak Sewu terletak di Pronjiwo, sebuah desa di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Indonesia. Secara geografis, Air Terjun Tumpak Sewu terletak di bagian selatan Gunung Semeru, di perbatasan Lumajang - Malang kaki Gunung Semeru, dan masuk ke dalam kawasan Lumajang.

Untuk menuju ke Air Terjun Tumpak Sewu, kamu dapat mengambil rute dari Malang atau Lumajang. Dari kota Malang, kamu dapat menuju ke arah kecamatan Pronojiwo dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Dari Lumajang, waktu tempuh untuk menuju ke Air Terjun Tumpak Sewu adalah sekitar 1,5 jam.

Saat tiba di Desa Pronjiwo, kamu harus mengikuti jalur pendakian yang cukup menantang dengan berjalan kaki selama kurang lebih 1,5 jam untuk mencapai lokasi Air Terjun Tumpak Sewu. Meski medannya cukup sulit, pemandangan sepanjang perjalanan sangat mempesona dan membuat perjalanan menjadi sangat berkesan.

Untuk menuju Air Terjun Tumpak Sewu kamu juga dapat menggunakan rute Bululawang, lalu ke Dampit, Tirtomoyo, dan Pronojiwo. Saat sampai di Sidomulyo, atau sekitaran 100 mtr. dari gapura tepian Malang-Lumajang, pengunjung bisa temukan panduan arah ke arah pintu masuk rekreasi ini.

Harga Tiket Masuk ke Air Terjun Tumpak Sewu Pronojiwwo Lumajang


Coto Makassar adalah makanan ciri khas dari Sulawesi Selatan yang populer dengan cita-rasa uniknya yang gurih dan pedas. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang direbus dalam kaldu yang kaya rempah-rempah khas Makassar. Coto Makassar biasanya disajikan dengan ketupat, irisan daun bawang, dan bawang goreng sebagai pelengkap. Berikut adalah resep dan cara membuat Coto Makassar asli dari Bugis.
Resep dan Cara Membuat Coto Makassar Asli dari Bugis

​Air Terjun Tumpak Sewu di Pronojiwo Lumajang, Jawa Timur menawarkan pemandangan yang indah dan sejuk. Terletak di kaki Gunung Semeru, Air Terjun Tumpak Sewu adalah salah satu air terjun tertinggi di Indonesia.

Air Terjun Tumpak Sewu sendiri mempunyai ketinggian sekitar 120 meter. Untuk menuju ke lokasi air terjun, kamu harus menempuh perjalanan sejauh 2,5 kilometer dari parkiran menuju puncak Gunung Panderman. Meskipun perjalanannya agak menanjak, rute perjalanan menuju Air Terjun Tumpak Sewu di Lumajang cukup bagus dan rimbun dengan pepohonan. Selain itu, udara sejuk akan menyegarkan kamu selama perjalanan.

Untuk masuk ke Air Terjun Tumpak Sewu, kamu harus membayar tiket sebesar Rp10.000 per orang. Harga tiket ini sangat murah, karena selain mendapatkan pemandangan air terjun yang indah, kamu juga bisa berfoto-foto dengan latar belakang Gunung Semeru.

Perlu diketahui, Tumpak Sewu, yang juga dikenal sebagai Coban Sewu, adalah air terjun bertingkat yang terletak di antara Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, dan Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, di Jawa Timur, Indonesia. Air terjun ini terletak di bawah bayang-bayang Gunung Semeru, gunung berapi aktif dan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Sungai Glidik, yang berasal dari Gunung Semeru, menjadi sumber air utama untuk air terjun ini. Tumpak Sewu diartikan sebagai "seribu air terjun" dalam bahasa Jawa. Nama tersebut kemungkinan muncul karena tampilan air terjun yang seperti ribuan air terjun dalam satu area setengah lingkaran.

Tumpak Sewu adalah tujuan wisata yang sangat populer, terutama pada akhir pekan. Infrastruktur yang dibangun di sekitar dan di dalam kanyon utama memungkinkan akses yang lebih mudah ke daerah tersebut, meskipun perjalanan untuk masuk atau keluar tetap memerlukan tenaga dan mungkin memakan waktu sekitar satu jam untuk diselesaikan.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo datang dan menikmati keindahan Air Terjun Tumpak Sewu di Lumajang!