Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bersama SKODSA, Ngabuburit Sambil Ukir Prestasi di Alun-Alun Lumajang

Bersama SKODSA, Ngabuburit Sambil Ukir Prestasi di Alun-Alun Lumajang
Bersama SKODSA, Ngabuburit Sambil Ukir Prestasi di Alun-Alun Lumajang

SKODSA - Pada tanggal 10 sampai 13 April 2023, diadakan kegiatan bernama 'Pameran Lampion Skodsa' di halaman Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang, tepatnya di Alun-alun barat, mulai dari jam 15.00 sampai 17.00 WIB. Kegiatan ini diadakan oleh Kelompok Belajar Seni Budaya SMP Negeri 1 Sukodono.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan sangat mendukung kegiatan ini dan membuka acara tersebut. Banyak juga pendukung lainnya seperti Dewan Kesenian Lumajang (DKL), Komunitas Perupa Lumajang (KPL), Moon Leather Craft, Sanggar Tari Ayu Langgeng, Etnopsyche Laku Art, dan Solfegio Musik Course.

Kepala SMPN 1 Sukodono, Edy Purwanto, S. Pd, MM menjelaskan bahwa pada hari pertama, yaitu Senin tanggal 10 April 2023, akan diadakan pameran lampion yang menampilkan karya murid SMPN 1 Sukodono. Murid-murid tersebut melukis pada lampion dan karya-karya tersebut akan dipajang di halaman Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lumajang.

Pameran Lampion Skodsa" Membuat Alun-alun Lumajang Terasa Berbeda di Sore Hari

Pada kegiatan "Pameran Lampion Skodsa", setiap lampion dilukis oleh murid yang berbeda, sehingga meskipun partisipasinya kecil, paling tidak menambah kelap-kelip di sekitar Alun-alun Lumajang di sore hari tempat ngabuburit warga di sekitarnya.

Kegiatan hari kedua, Selasa tanggal 11 April 2023 berupa diskusi musik di dalam Gedung Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Lumajang dengan tema "Komposisi Musik Sederhana" dengan pemateri Andin, Tita, Afi, Rosi, dan Azka, semuanya merupakan murid SMP Negeri 1 Sukodono serta pengampu Dwi Eko Buedy P, S. Sn. Kegiatan ini memberikan latihan bagi murid untuk menjadi pemateri dan menampilkan kreasi musiknya.

Selanjutnya pada hari ketiga, Rabu tanggal 12 April 2023, diadakan kegiatan "Sema’an Basa Jawa Pepatah Jawa Kuno Penuh Makna" di gedung yang sama dengan Diskusi Musik. Kegiatan ini disampaikan oleh pemateri dari Dewan Kesenian Lumajang, yaitu Ibu Dra. Yuli Sri Astuti. Kegiatan ini dilakukan untuk melestarikan bahasa tradisional terutama bahasa Jawa mengingat generasi muda jaman sekarang jarang tersentuh nilai-nilai unggah-ungguh bahasa Jawa.

Pertunjukan Seni Tari dan Musik SMPN 1 Sukodono, Sanggar Tari Ayu Langgeng, dan Solfegio Music Course Memukau di Hari Terakhir Pameran Lampion Skodsa.

Pada hari terakhir, Kamis, 13 April 2023, diadakan pertunjukan seni tari dan musik yang menampilkan bakat-bakat terbaik dari SMPN 1 Sukodono, Sanggar Tari Ayu Langgeng, dan Solfegio Music Course. Meskipun acara dilaksanakan dengan sederhana dan menggunakan sound system yang terbatas, semangat dan kegembiraan acara tidak berkurang.

Edy Purwanto, dalam penutupan acara, mengharapkan bahwa prestasi dan kreativitas yang ditunjukkan oleh para siswa kita akan membawa nama baik bagi bangsa.