Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Langkah Sains Terbuka Mengganti Riset NASA dan Membuat perlindungan Planet Kita

5 Langkah Sains Terbuka Mengganti Riset NASA dan Membuat perlindungan Planet Kita
Langkah Sains Terbuka Mengganti Riset NASA dan Membuat perlindungan Planet Kita. (Foto: Hopsdaily.com/Twitter NASA Earth)

PopulerNet.com - Dalam perayaan Hari Bumi, penting untuk mengaku peranan sains terbuka dalam membuat perlindungan bumi kita dan lebih memajukan usaha riset NASA. Lewat ide seperti Transform to Open Science (TOPS) NASA, beberapa periset bisa bekerjasama dan share data, mempromokan transparan dan kredibilitas ilmiah.

Dengan membagi penemuan riset dan data dengan cara public, NASA memungkinkannya beberapa periset dan warga untuk meningkatkan wacana, alat, dan taktik baru membuat perlindungan lingkungan. Saat kita terus hadapi rintangan lingkungan yang menekan, penting untuk mengutamakan sains terbuka dan bekerja ke arah pendekatan ilmiah yang semakin lebih kolaboratif dan inklusif untuk kebutuhan semuanya orang.

Beberapa prinsip sains terbuka sedang digunakan dalam beragam program NASA, terhitung NeMO-Net, Landsat, dan program SERVIR, yang memakai kepandaian bikinan, citra satelit, dan evaluasi mesin agar semakin pahami dan membuat perlindungan ekosistem bumi kita. Berikut beberapa program yang memakai kekuatan kolaboratif ini:

1. Penskalaan Komunitas Karang dengan NeMO-NET

Pemakai bisa tergabung dengan NASA dalam membuat perlindungan terumbu karang bumi kita dengan NeMO-Net. Program mobile dan basis online ini memungkinkannya pemakai untuk menelusuri lautan dan mengelompokkan beragam tipe terumbu karang, berperan pada pengetahuan kita mengenai ekosistem yang penting ini. Dengan memakai kepandaian bikinan dan citra satelit, NeMO-Net mempromokan kemampuan sains terbuka dan sains masyarakat dalam membuat perlindungan lautan kita.

2. Landsat: Pendekatan Sains Terbuka untuk Pahami Peralihan Permukaan Bumi

Landsat, program penilaian Bumi NASA, memberikan akses terbuka ke beberapa gambar resolusi tinggi dari peralihan permukaan bumi kita, yang bisa dipakai untuk beragam program terhitung pengawasan peralihan pemakaian tempat dan tutupan, mencari imbas peralihan cuaca, dan mengurus sumber daya alam. Info ini bisa menolong memberitahukan keputusan peraturan dan taktik pengendalian sumber daya agar semakin membuat perlindungan ekosistem planet.

3. Periset yang Didanai oleh NASA Hitung Karbon yang Disimpan di Pohon-Pohon Kering di Afrika

Beberapa pohon kering di Afrika mainkan peranan penting pada transisi karbon global dan mekanisme cuaca. Karena kreasi hebat periset yang didanai oleh NASA, saat ini kita mempunyai prediksi yang mendalam mengenai karbon yang ada dalam nyaris 10 miliar pohon pribadi di zone Saharan, Sahel, dan Sudan di Afrika. Dengan manfaatkan tehnologi hebat dan beberapa prinsip sains terbuka, periset memakai citra satelit resolusi tinggi dan tehnik evaluasi mesin untuk memetakkan dan menilai jumlah karbon yang ada dalam luar rimba tropis yang padat. Data ini gratis dan ada untuk public, memungkinkannya kita agar semakin pahami distribusi dan peranan beberapa pohon kering dalam ekosistem kita.

4. Alurnya Cuaca Beberapa ribu Mil Jauhnya Memengaruhi Migrasi Burung di AS

Alurnya cuaca beberapa ribu mil jauhnya bisa memengaruhi waktu migrasi burung di AS, dan riset yang didanai oleh NASA saat ini memungkinkannya kita agar semakin pahami bagaimana peralihan di penjuru dunia bisa mempengaruhi sikap burung dan skema migrasi ini. Dengan manfaatkan tehnologi satelit hebat dan beberapa prinsip sains terbuka, periset NASA bisa mencari dan memprediksikan skema ini secara real-time, menolong kita membuat perlindungan dan melestarikan satwa liar kita.

5. Program SERVIR NASA Menangani Pencemaran Udara di Himalaya

Periset atmosfer NASA dan program SERVIR bekerja bersama untuk tingkatkan kualitas udara di Nepal, Bhutan, dan Pakistan. Lembah yang terjal dan udara pegunungan yang dingin dan padat bisa simpan asap dan pencemaran dekat sama tanah, mengakibatkan kualitas udara yang buruk sekali di beberapa kota seperti Kathmandu. Untuk menangani ini, team sudah membuat rangkaian produk kualitas udara, terhitung mode ramalan pencemaran udara yang memadukan data dari satelit di orbit rendah dan orbit geostasioner Bumi.

Data ini ada dengan terbuka di dasbor Pengawasan Kualitas Udara Departemen Lingkungan Nepal, memungkinkannya pembikin peraturan dan public untuk terhubung dan memakainya. Pendekatan sains terbuka ini menggerakkan kerjasama dan operan balik dari pembikin keputusan, memungkinkannya team untuk selalu tingkatkan data dan memberikan alat yang kuat membuat perlindungan udara yang bisa dihirup saat daerah ini tumbuh.

TOPS NASA mempunyai tujuan untuk mempromokan budaya sains terbuka dalam NASA dan di luar NASA. Sebagai sisi dari Ide Sains Open-Source NASA, TOPS berusaha untuk dengan cepat mentransformasikan agen, organisasi, dan komune ke arah praktek riset yang semakin lebih inklusif dan gampang dijangkau. Lewat beragam aktivitas komunikasi, TOPS terturut dengan periset, periset, dan public untuk mempromokan keutamaan akses public pada riset dan data yang didanai oleh pemerintahan. TOPS memberikan dukungan ide Tahun Sains Terbuka yang bertambah luas dan bekerja dengan barisan penopang kebutuhan yang searah untuk lebih memajukan arah sains terbuka.

Editor: PopulerNet.com
Sumber: nasa.gov