Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Takoyaki untuk Jualan Seribu di Rumah

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama makanan asing seperti Takoyaki? Biasanya, orang-orang akan langsung tertarik untuk mencoba dan membeli makanan ini. Takoyaki adalah salah satu makanan Jepang yang terkenal di seluruh dunia. Takoyaki dibuat dari telur dan bahan-bahan lainnya, lalu dimasak dalam cetakan khusus. Cetakan Takoyaki ini biasanya berbentuk bundar dengan lubang-lubang di dalamnya.

Cara Membuat Takoyaki Seribu

PopulerNet.com - Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama makanan asing seperti Takoyaki? Biasanya, orang-orang akan langsung tertarik untuk mencoba dan membeli makanan ini. Takoyaki adalah salah satu makanan Jepang yang terkenal di seluruh dunia. Takoyaki dibuat dari telur dan bahan-bahan lainnya, lalu dimasak dalam cetakan khusus. Cetakan Takoyaki ini biasanya berbentuk bundar dengan lubang-lubang di dalamnya.

Takoyaki berasal dari Osaka, Jepang. Makanan ini mulai populer pada abad ke-19 dan terus diminati hingga sekarang. Takoyaki dijual di banyak tempat, baik di restoran atau gerai makanan. Takoyaki juga bisa dibuat sendiri di rumah dengan menggunakan cetakan khusus Takoyaki. Bagi Anda yang tertarik untuk membuat Takoyaki sendiri, berikut adalah resep dan cara membuatnya.


Bahan-Bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Takoyaki

​Takoyaki adalah salah satu makanan yang populer di Jepang. Takoyaki berarti "bola yang digoreng" dan biasanya terbuat dari bola-bola yang terbuat dari adonan tepung yang diisi dengan sepotong cumi-cumi, telur, dan green onion. Takoyaki diolah dengan menggunakan pemanggang khusus yang memiliki lubang-lubang untuk memasak adonan seperti bola-bola. Takoyaki diolah dengan cara digoreng sampai matang sebelum disajikan dengan saus takoyaki, mayonnaise, dan bonito flakes.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat takoyaki adalah:

- 1 1/2 cangkir tepung terigu

- 1/2 cangkir air putih

- 2 telur ayam

- 2 sendok makan daun bawang putih yang finely chopped

- 1/4 sendok teh baking powder

- 1/4 sendok teh garam

- 1/4 cangkir mirin

- 2 sendok makan sake atau bir

- 1/2 cangkir dashi atau kaldu ayam

- 8 oz cumi-cumi yang diiris menjadi 12 bagian


Topping:

- Saus takoyaki

- Mayonnaise

- Bonito flakes


Alat-alat yang dibutuhkan:

- 1 wajan anti lengket atau wajan teflon

- 1 spatula takoyaki atau spatula biasa

- 1 cetakan takoyaki atau muffin tin


Cara Membuat Takoyaki:

1. Campurkan tepung terigu, air putih, telur, daun bawang putih, baking powder, garam, mirin, sake atau bir, dan dashi atau kaldu ayam dalam sebuah wadah. Aduk rata hingga adonan menjadi kalis. Biarkan adonan mengembang selama 15-30 menit.

2. Panaskan wajan atau pemanggang takoyaki sampai setengah matang. Tuang 1 sendok makan minyak goreng atau minyak sayur ke dalam wajan. Oleh karena itu Anda akan menggunakan cetakan takoyaki atau muffin tin, Anda tidak perlu untuk menghitungnya dengan ketat. Tuang adonan ke dalam lubang-lubang cetakan sampai setengah penuh. Letakkan sepotong cumi-cumi di atasnya.

3. Panaskan sambil Anda menggerakkan agar adonan menyebar secara merata di sekeliling lubang. Goreng sampai matang sebelum menggunakan spatula untuk menghentikan proses penggorengan. Pindahkan ke sebuah piring atau wadah. Ulangi proses untuk sisa adonan dan cumi-cumi.

4. Taburi bonito flakes dan siram dengan saus takoyaki serta mayonnaise sebelum disajikan.


Mempersiapkan Peralatan dan Wajan Takoyaki

​Sebelum membuat takoyaki, sebaiknya kita mempersiapkan peralatan dan wajan takoyaki terlebih dahulu. Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat takoyaki antara lain adalah:

- Cetakan takoyaki

- Takoyaki takaran sendok

- Wajan anti lengket

- Spatula

- Telur

- Bahan taburan (bisa berupa mayonnaise, saus takoyaki, atau keju)


Cetakan takoyaki berfungsi untuk mengeform takoyaki menjadi bentuk yang sama. Takoyaki takaran sendok berguna untuk membantu mengukur adonan takoyaki yang akan dicetak. Wajan anti lengket diperlukan agar takoyaki tidak lengket pada wajan dan mudah untuk dibolak-balik. Spatula digunakan untuk mengolah takoyaki saat dalam proses pemutihan dan pembalikan. Telur diperlukan sebagai bahan utama dalam adonan takoyaki.untuk Bahan taburan, bebas menggunakan aneka bahan sesuai selera.

Persiapan peralatan dan bahan selesai, sekarang kita lanjut membuat adonan takoyaki.


Cara Memasak Takoyaki


​Masa untuk membuat Takoyaki

Anda perlukan waktu sekitar 10 - 15 minit untuk membuat Takoyaki. Ia mudah dan cepat untuk dimasak, jadi jangan risau jika anda mempunyai sekelip mata sahaja untuk membuatnya.

Bahan-bahan yang anda perlukan untuk membuat Takoyaki:

- 1/2 cawan tepung gandum

- 1/2 cawan air

- 2 telur

- Secubit garam

- 4 sudu besar sos tiram

- 1 senduk sayur mayonis

- 10 biji Tako (ia boleh diganti dengan ayam atau udang)


Cara Membuat Takoyaki

1. Panaskan Takoyaki pan dengan minyak, jika ia terlalu panas, gunakan kertas minyak untuk menyerap minyak berlebihan.

2. Gaulkan tepung gandum, air, telur dan garam dalam mangkuk. Biarkan ia sebentar supaya tepung menyerap air dengan sempurna.

3. Masukkan sos tiram, mayonis dan sayur didalam adunan tersebut. Gaul semua bahan dengan rapi.

4. Masukkan biji Tako secara perlahan-lahan ke dalam loyang Takoyaki. Pastikan ia dimasukkan satu per satu agar tidak bertaburan.

5. Masak Takoyaki sehingga ia berwarna perang pada bahagian atasnya. Kemudian, putar loyang Takoyaki sehingga biji Tako pada bahagian atas panggang dengan sempurna.

6. Sedia untuk dihidangkan!


Menyajikan Takoyaki

Takoyaki adalah makanan yang dari Jepang. Takoyaki berisi daging ikan yang digulung dengan tepung dan diisi dengan telur, sayuran, dan saus. Takoyaki adalah makanan yang enak dan mudah dibuat. Takoyaki juga dapat dijadikan sebagai makanan untuk dijual.

Takoyaki banyak digemari oleh orang-orang karena rasanya yang enak. Takoyaki juga dapat dibuat sendiri di rumah. Untuk membuat takoyaki, Anda perlu menyediakan beberapa bahan seperti tepung, telur, daging ikan, dan saus. Anda juga perlu menyiapkan cetakan spesial takoyaki agar takoyaki tidak gagal.

Cetakan takoyaki terbuat dari baja dan memiliki alur-alur di bagian bawahnya. Alur-alur ini berfungsi untuk membantu masakan agar matang merata. Cetakan takoyaki biasanya berbentuk bundar dengan ukuran 6-8 cm. Untuk membuat takoyaki yang lezat, Anda bisa menggunakan cetakan takoyaki anti gagal.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat takoyaki di rumah:

1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti tepung, telur, daging ikan, dan saus.

2. Panaskan cetakan takoyaki selama beberapa menit.

3. Masukkan satu sendok tepung ke dalam cetakan dan biarkan selama 30 detik.

4. Setelah itu, masukkan telur dan daging ikan ke dalam cetakan.

5. Tambahkan saus sesuai selera.

6. Ikuti petunjuk cetakan untuk mengetahui kapan takoyaki siap untuk dipotong dan disajikan.

Takoyaki anti gagal akan membantu Anda membuat takoyaki yang lezat dan menyegarkan. Takoyaki yang baik harus matang merata, lembut, dan gurih. Anda bisa membuat takoyaki sendiri di rumah atau menjualnya kepada teman-teman Anda.